Kenapa kalender Islam dinamakan Hijriah?

Dibaca .. x
Kalender Islam sebenarnya sudah ada sejak lama di masyarakat Arab akan sebelum datangnya Islam. Masyarakat Arab melakukan penanggalan berdasarkan peredaran bulan. Walaupun mereka punya penanggalan tapi biasanya tidak ada tahun. Oleh karena itu tahun-tahun yang ada pada penanggalan Arab berdasarkan kejadian misalnya tahun gajah dan sebagainya.

Pada awal masa Islam sistem kalender tersebut tetap digunakan dan tanpa tahun. Dengan semakin luasnya wilayah Islam hal ini sangat menyulitkan karena surat-surat menjadi tidak diketahui apakah dikirim tahun ini atau tahun berikutnya.

Oleh karena itu pada masa Khalifah Umar bin Khattab diusulkan agar penanggalan Islam diberikan tahun. Sempat terjadi perdebatan dan diskusi mengenai kapan mulai tahun 1 dalam penanggalan Islam. Ada beberapa usul yaitu tahun kelahiran nabi, tahun wafat nabi, dan tahun berpindahnya nabi dari Mekah ke Madinah atau disebut hijrah. Hasil terakhir inilah yang disepakati oleh karena itu sistem penanggalan Islam yang menggunakan tahun disebut dengan tahun Hijriyah. Karena berkaitan dengan kejadian hijrahnya nabi dan para sahabat.
Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

1 komentar:

Anonim mengatakan...

When you play Roulette, there are several of} other ways find a way to|you probably can} guess. Much of the tablespace is roofed with a large grid that outlines the wheel numbers. This system is one that's designed in order that when the participant has won over a third of their bets (less than the anticipated 18/38), they'll win. Whereas the martingale will cause wreck in the occasion of a long sequence of successive losses, the Labouchère system will cause guess measurement to develop shortly even the place 카지노 a losing sequence is damaged by wins. This happens as a result of|as a end result of} because the participant loses, the average guess measurement in the line will increase. The pockets of the roulette wheel are numbered from 0 to 36.