HARI INI

Kenapa kalender Islam dinamakan Hijriah?

Dibaca .. x
Kalender Islam sebenarnya sudah ada sejak lama di masyarakat Arab akan sebelum datangnya Islam. Masyarakat Arab melakukan penanggalan berdasarkan peredaran bulan. Walaupun mereka punya penanggalan tapi biasanya tidak ada tahun. Oleh karena itu tahun-tahun yang ada pada penanggalan Arab berdasarkan kejadian misalnya tahun gajah dan sebagainya.

Pada awal masa Islam sistem kalender tersebut tetap digunakan dan tanpa tahun. Dengan semakin luasnya wilayah Islam hal ini sangat menyulitkan karena surat-surat menjadi tidak diketahui apakah dikirim tahun ini atau tahun berikutnya.

Oleh karena itu pada masa Khalifah Umar bin Khattab diusulkan agar penanggalan Islam diberikan tahun. Sempat terjadi perdebatan dan diskusi mengenai kapan mulai tahun 1 dalam penanggalan Islam. Ada beberapa usul yaitu tahun kelahiran nabi, tahun wafat nabi, dan tahun berpindahnya nabi dari Mekah ke Madinah atau disebut hijrah. Hasil terakhir inilah yang disepakati oleh karena itu sistem penanggalan Islam yang menggunakan tahun disebut dengan tahun Hijriyah. Karena berkaitan dengan kejadian hijrahnya nabi dan para sahabat.
Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

Tidak ada komentar: