HARI INI

Penulisan Hijriah atau Hijriyah yang Benar

Dibaca .. x
Di masyarakat sering kita jumpai perbedaan penulisan nama tahun Islam. Ada yang menulis nama kalender Islam dengan tulisan kalender Hijriah tanpa y, dan ada juga yang menulis kalender Hijriyah dengan huruf y. Di antara keduanya yang manakah yang benar?

Aplikasi Kalender Hijriah
Tampilan Kalender Hijriah

Hijriah sendiri berasal dari bahasa Arab. Di dalam bahasa aslinya terdapat huruf ya. Oleh karena itu banyak orang menulis sebagai Hijriyah. Tapi apakah ini yang benar?

Jika kita periksa Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka akan kita temukan tulisan Hijriah dan tidak ada tulisan Hijriyah. Di dalam kamus tersebut Hijriah diartikan sebagai "berkenaan dengan tarikh Islam yang dimulai ketika Nabi Muhammad saw. berpindah ke Medinah". Memang benar kalender ini atau tahun 1 H dikaitkan dengan proses hijrahnya nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dari Mekah ke Madinah. 

Hilangnya huruf y dari Hijriah dapat di analogikan dengan tidak adanya huruf Y misalnya pada kata BIASA atau TIANG. Pada kedua kata ini kita temukan huruf i yang langsung bertemu dengan huruf a, sama seperti yang terdapat pada kata Hijriah.

Demikian pembahasan cara penulisan Hijriah atau Hijriyah yang benar semoga ada manfaatnya. Wassalam terima kasih.
Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: