Tanggal Hijriah Hari Ini

Untuk Info Terbaru "Tanggal Hijriah Hari Ini", Silakan Lanjut Scroll Ke Bawah
 
Kelender Hijriah, tahun 1 nya sejak kapan?

Kalender Hijriah bermula pada tahun 622 Masehi, yang bersamaan dengan tahun hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah menuju Madinah. Itulah yang menjadi Tahun 1 hijriah. Momentum hijrah ini mengandung makna mendalam dalam perjalanan sejarah Islam, karena menjadi tonggak awal dari penyebaran ajaran Islam ke pelosok dunia. Dengan penanggalan Hijriah yang didasarkan pada peristiwa ini, umat Islam menghormati dan merayakan perjalanan suci ini serta mengenang pentingnya dalam menginspirasi penyebaran dan perkembangan agama Islam secara global.

Jumlah Hari Dalam Setiap Bulan Hijriah

Perlu dipahami bahwa dalam Kalender Hijriah, setiap bulan dapat terdiri dari 29 atau 30 hari, dan pola ini tidak tetap pada setiap bulan. Perbedaan jumlah hari ini mengikuti perputaran bulan di sekitar Bumi yang bervariasi dari bulan ke bulan. Fenomena ini menghasilkan siklus yang unik dan mengarah pada variasi panjang bulan dalam penanggalan Islam. Beberapa bulan berturut-turut mungkin terdiri dari 30 hari, sementara yang lain mungkin berjumlah 29 hari. Di sisi lain, jika dibandingkan dengan Kalender Masehi, jumlah hari dalam setiap bulan Kalender Hijriah mungkin lebih pendek, mengingat sistem Masehi cenderung menggunakan bulan dengan panjang 30 atau 31 hari, dan Februari sebagai pengecualian dengan 28 atau 29 hari pada tahun kabisat. 

Keunikan Pergantian Hari

Fenomena penggantian hari pada tanggal hijriah mempunyai keunikan tersendiri. Tidak seperti kalender Masehi yang mengalami perubahan hari pada tengah malam, dalam kalender Hijriah, pergantian hari terjadi saat matahari terbenam di ufuk barat. Lazim kita sebut waktu magrib. Sebagai contoh, jika hari ini adalah Kamis, maka begitu matahari terbenam dan magrib tiba, hari berganti secara menjadi Jumat.

Info Tanggal Hijriah Hari Ini:
==========================
==========================

Penentuan Awal Bulan Hijriah

Penentuan tanggal hijriah ada dua cara yaitu cara rukyah atau cara hisab. Cara rukyah yaitu dengan melihat langsung. sedangkan cara hisab dengan melalui perhitungan rumus. Penanggalan hijriah yang akan datang yang belum terjadi, masih bisa berubah, berbeda satu atau dua hari. oleh karena itu, jika ada perbedaan kami akan segera melakukan penyesuaian. 

Tanggal hijriah hari ini sangat penting, karena terkait dengan pelaksanaan ibadah bagi kaum muslim. oleh karena itu, haruslah tanggal ini akurat. Oleh karena itu, kami secara rutin melakukan penyesuaian setiap awal bulan berdasarkan kesepakatan para ulama yang ada di Indonesia.
Tanggal hijriah terkait dengan pelaksaan ibadah puasa, baik sunnah maupun wajib, juga pelaksanaan hari raya dan hari besar islam lainnya. 

Oleh karen itu, kami berusaha menyajikan kalender tanggal hijriah hari ini, baik 2020, 2021, 2022, 2023, 2024 dan seterusnya tetapi masih dengan catatan akan disesuaikan jika ada perubahan. Tahun hijriah saat ini adalah 1445, dan insyaAlah seterusnya adalah 1446, 1447, 1448, dan seterusnya. Untuk fitur lebih lengkap, dapat menggunakan aplikasi Kalender Hijriah Masehi kami. Terima kasih.

Info Tanggal Hijriah Hari Ini:
==========================
==========================

Posting Komentar untuk "Tanggal Hijriah Hari Ini"

Penulisan Hijriah atau Hijriyah yang Benar
Gambar
Gambar