Sekarang Tahun Berapa Hijriah

Tahun Hijriah, sebagai bagian penting dari kalender Islam, dari dahulu hingga sekarang, memiliki peran utama dalam penanggalan dan perayaan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Berbeda dengan kalender Masehi yang menggunakan dasar peredaran matahari, kalender Hijriah didasarkan pada peredaran bulan. Perbedaan prinsip inilah yang melandasi perbedaan mendasar antara kedua kalender tersebut dalam hal jumlah hari dan tahun.

Dasar Perbedaan: Peredaran Matahari vs. Peredaran Bulan

Sistem kalender Masehi mengandalkan peredaran matahari, yang dikenal sebagai tahun surya. Dalam sistem ini, tahun dihitung berdasarkan waktu yang diperlukan bagi Bumi untuk berputar mengelilingi matahari. Sebaliknya, sistem kalender Hijriah menggunakan peredaran bulan, yang disebut tahun lunar. Ini berarti setiap bulan Hijriah dimulai ketika bulan baru terlihat, yang diawali oleh fase hilal.


Perbedaan Jumlah Hari dan Tahun

Akibat perbedaan dasar tersebut, berapa jumlah hari dalam setahun kalender Masehi (365 atau 366 hari) berbeda dengan berapa jumlah hari dalam tahun kalender Hijriah (354 atau 355 hari). Ini menghasilkan pergeseran yang signifikan antara kedua kalender dalam hal perhitungan waktu. Selain itu, akumulasi hari dalam kalender Hijriah yang lebih pendek dapat menyebabkan perbedaan dalam musim yang dirasakan pada saat yang bersamaan dalam kedua kalender tersebut.

Pergeseran Tahun Baru Hijriah

Salah satu fitur menarik dari kalender Hijriah adalah pergeseran tahun baru Islam. Tahun baru Hijriah (Muharram) tidak jatuh pada tanggal yang tetap dalam kalender Masehi. Sebaliknya, tahun baru ini bergeser sekitar 10 atau 11 hari lebih awal setiap tahunnya. Dengan demikian, interaksi antara tahun Hijriah dan tahun Masehi terus berubah dari satu tahun ke tahun berikutnya.

Sekarang Tahun Berapa Hijriah

Untuk menjawab tahun berapa hijriah sekarang ini, berikut kami tampilkan tahun hijriah saat ini, lengkap beserta tanggal dan bulannya

Tahun Hijriah Sekarang:
==========================
==========================

Pentingnya Kalender Hijriah dalam Kehidupan Muslim

Kalender Tahun Hijriah bukan hanya sekadar alat penanggalan bagi umat Islam, tetapi juga memiliki makna religius yang dalam. Banyak peristiwa penting dalam sejarah Islam dan budaya umat Muslim terkait dengan kalender ini. Perayaan besar seperti Ramadan dan Idul Fitri dihitung berdasarkan penanggalan Hijriah. Selain itu, peristiwa-peristiwa historis seperti Hijrah (migrasi Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah) juga terkait erat dengan kalender ini. Sekarang ini, penggunaan kalender tahun hijriah sudah meluas ke berbagai kalangan muslim di berbagai belahan dunia.

Posting Komentar untuk "Sekarang Tahun Berapa Hijriah"

Penulisan Hijriah atau Hijriyah yang Benar
Gambar
Gambar