Tanggal Hijriah Besok

Kalender Hijriah adalah kalender yang digunakan oleh kaum muslimin sebagai sistem penanggalan dalam kehidupan agama dan sosial mereka. Penentuan tanggal pada kalender hijriah berbasis pada siklus bulan, yang berbeda dengan tanggal pada Kalender Masehi yang berbasis pada siklus matahari.

Manfaat Kalender Hijriah antara lain adalah memberikan pedoman waktu atau tanggal dalam menjalankan ibadah-ibadah penting seperti puasa, zakat, haji, dan perayaan-perayaan agama seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Selain itu, tanggalan hijriah juga membantu dalam mengatur agenda sosial dan kegiatan keagamaan, serta mengingatkan umat Islam tentang peristiwa-peristiwa bersejarah dalam Islam yang yang terjadi pada tanggal-tanggal hijriah tertentu.

Berbeda dengan Kalender Masehi di mana pergantian hari terjadi pada tengah malam, Kalender Hijriah memiliki pergantian hari atau pergantian tanggal yang terjadi pada saat terbenam matahari di ufuk barat. Hal ini tercermin dalam praktik berbuka puasa selama bulan Ramadan, di mana umat muslim menunggu hingga matahari terbenam sebelum mereka bisa makan dan minum kembali.

Penentuan awal bulan dalam Kalender Hijriah juga memiliki ciri khas yang unik. Hilal atau bulan sabit harus terlihat terlebih dahulu di langit sebelum bulan baru dapat diumumkan. Ini sering menjadi momen penting di mana para ahli astronomi Islam mengamati langit dengan cermat untuk mencari tanda-tanda hilal yang menandai awal bulan atau masuknya tanggal satu bulan Hijriah berikutnya.

Adapun Tanggal Hijriah Besok tergantung pada informasi pengamatan hilal, karena penentuan awal bulan dalam Kalender Hijriah sangat bergantung pada visibilitas hilal di wilayah masing-masing. Untuk wilayah Indonesia dan sekitarnya, tanggal Hijriah Besok adalah sebagai berikut:

Tanggal Hijriah Besok
==========================
==========================

Sedangkan untuk tanggal hijriah hari ini, dapat dilihat di artilkel: "Tanggal Hijriah Hari Ini".

Posting Komentar untuk "Tanggal Hijriah Besok"

Penulisan Hijriah atau Hijriyah yang Benar
Gambar
Gambar