HARI INI

Adab Berdoa Agar Dikabulkan

Dibaca .. x
Dalam hidup ini tentu kita tidak terlepas dengan berbagai keinginan. Sebagai seorang manusia sungguh kita tidak memiliki daya upaya dalam memenuhi segala keinginan kita tanpa izin Allah SWT. Oleh karenanya dalam setiap keinginan tersebut hendaknya selain berusaha, kita juga memanjatkan lantunan doa kepada Allah Sang Pencipta. 

Berdoa merupakan cara seorang hamba berkomunikasi dengan penciptanya, berdoa juga mencerminkan sikap keimanan dan kepercayaan kepada Sang Khalik. Dalam berdoa, ada adab yang harus dilakukan. Islam mengajarkan adab yang baik ketika seseorang harus berdoa. 

Memang, dalam keseharian kita tentu tidak pernah lepas dengan doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT, dari bangun tidur hingga tidur lagi semua dikerjakan setelah berdoa. Berikut kami rangkum adab berdoa agar dikabulkan dalam Islam.

1. Diawali membaca basmalah, hamdalah, dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Alangkah baiknya segala aktivitas yang dikerjakan selalu didahului dengan kalimat basmalah. Bismillahirrahmanirrahim sendiri memiliki arti "Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang," sehingga segala yang kita kerjakan menjadi berkah dan bernilai ibadah.

Begitu pula saat sedang berdoa, diawal sebelum menyebutkan maksud dan tujuan kita sebaik nya menyebut nama Allah dan mengucapkan pujian terlebih dahulu agar doa tadi bisa tebungkus sempurna. Selain itu jangan lupa untuk mengirimkan shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabat-sahabat Beliau.

2. Menyebutkan asma Allah sesuai maksud doa yang dipanjatkan

Menyebutkan Asma Allah sesuai Maksud dari doa yang ingin dipanjatkan, maka doa tersebut mudah untuk diijabah oleh Allah SWT. Misalkan saja anda mengiginkan untuk diampuni segala dosanya maka sebutkan "Ya Ghaffar", lalu dilanjutkan dengan permohonan ampunan kepada Allah SWT. 

Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman : "Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan". (QS. Al A'raf: 180)

3. Menengadahkan tangan 

Menengadahkan tangan ketika berdoa merupakan adab selanjutnya, dengan menengadahkan tangan membuktikan kesungguhan dalam berdoa. Menengadahkan tangan juga bisa diartikan permohonan penuh harap kepada sang Pencipta.

4. Suara lemah lembut

Tidak bersuara nyaring saat berdoa merupakan adab selanjutnya saat berdoa, berdoa dianjurkan dengan suara lirih dan merendah kepada Allah.

Allah berfirman dalam Q.S Al A'raf Ayat 55 : " Berdoalah kepada Tuhan mu dengan merendah diri dan suara yang lembut, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. "

Dalam hadis juga diterangkan mengenai berdoa dengan suara yang lemah lembut. Rasulullah SAW bersabda "Wahai manusia manusia, (fokuslah dalam berdoa) atas diri kalian, sesungguhnya kalian tidak sedang memanggil orang yang tuli,  dia bukan pula orang yang ghaib, sesungguhnya dia Allah menyertai kalian." (HR. Abu Musa al-Asy'ari).

Demikian beberapa adab berdoa agar dikabulkan Allah, semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: