HARI INI

Cara Memasang Widget Kalender Hijriah Islam di Blog

Dibaca .. x

Rasanya kurang sempurna jika blog temen-temen yang sudah keren tidak dilengkapi dengan kalender Hijriyah atau kalender Islam. Padahal sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia maka sudah selayaknya blog-blog berbahasa Indonesia memiliki widget kalender Hijriah. 

Masalahnya penyedia widget kalender Hijriyah jarang sekali. Kalaupun ada biasanya berasal dari luar negeri. Tentu saja sistem penanggalan Hijriyah yang berlaku di luar negeri misalnya Arab Saudi bisa jadi berbeda dengan penanggalan yang ada di Indonesia. Mengapa demikian? Sistem penanggalan Hijriyah bersandar pada peredaran bulan. Jadi tanggal 1 nya adalah ketika bulan muncul pertama kali. Nah biasanya muncul tidaknya bulan ini pertama kali dipengaruhi oleh posisi geografis suatu negara. Bisa jadi di Arab Saudi sana bulannya sudah muncul di Indonesia belum. 

Agar lebih memasyarakatkan kalender Hijriyah atau Islam maka sudah selayaknya blog-blog kita memasang widget kalender Islam. 

Bagaimana cara memasang widget kalender Islam di blog? Sangat mudah. 

Teman-teman cukup mengcopy paste kode berikut ini yang sudah kami bikin. 

Copy paste nya kemana? Untuk pengguna blogger buka blog kemudian klik tata letak lalu pilih tambahkan widget. Lalu pilih tambahkan HTML/JavaScript. Nah di kotak tersebut pastekan kode di atas lalu tekan tombol simpan. 

Temen-temen kemudian bisa lihat hasilnya. Tanggal kalender Hijriah sudah terpampang di di blog teman-teman. 

Tapi kok di HP tidak muncul? Berarti perlu settingan widget yang dimunculkan di HP yaitu dengan memberikan kode mobile='yes'. 

Cukup mudahkan cara memasang widget kalender Hijriah di blog teman-teman. Jika dirasa bermanfaat silahkan sebarkan informasi ini. 

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: