HARI INI

Usia 42 Tahun Hafal 30 Juz Dalam Waktu Singkat

Dibaca .. x

Pepatah "menuntut ilmu di waktu muda seperti mengukir di atas batu, dan menuntut ilmu di waktu tua bagaikan mengukir di atas air", sepertinya tidak berlaku pada orang-orang yang ingin mempelajari Al-Qur'an. Dikutip dari laman youtube ustadz Adi Hidayat Official ada seorang ibu rumah tangga yang bernama Suaibatul Aslamiah, perempuan kelahiran 19 Desember 1978 yang sekarang berumur 42 tahun. Pada usia sekarang, beliau mampu menyelesaikan hafalan 30 juz dengan waktu singkat, hanya kurang lebih sekitar 78 hari. 

Ibu Aslamiah sendiri berasal dari Jambi, dan mengikuti program karantina menghafal Al-Qur'an di Bekasi. Selama karantina beliau meninggalkan keluarganya di jambi yaitu dua orang anak dan suami. Alhamdulillah berkat keinginan ibu Aslamiah yang sangat mulia untuk menghafal Al-Quran serta menghafal ayat suci ini, merupakan cita-cita beliau sejak lama, sehingga mendapatkan dukungan dari keluarganya. Bahkan suami ibu Aslamiah sendiri mengatakan agar ibu Aslamiah tidak kembali sebelum menyelesaikan hafalan. 

Ketika awal menghafal Al Qur'an, Ibu aslamiah mengakui bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi seperti susah untuk hafal. Pada youtube ustadz Adi Hidayat beliau menyampaikan bahwa "kendalanya susah hafal dan tidak masuk di kepala, hafal di atas lupa yang di bawah, tapi terus berdoa kepada Allah agar dimudahkan".

Beliau mengatakan bahwa kunci pertama dalam menghafal ialah doa, yang awalnya satu hingga dua halaman sehari, akhirnya bisa menghafal 1 juz sehari. Bahkan beliau sendiri pun terkejut dan tidak menyangka ternyata mampu menghafal dengan waktu singkat. Namun dengan tekad yang kuat dan keinginan yang sungguh-sungguh, ibu Aslamiah ditunjukkan jalan dan kemudahan dalam menghafalkan Al Qur'an. 

Apa yang dialami oleh ibu Aslamiah telah disampaikan Dalam Al Qur'an sendiri bahwa Allah telah menjamin kemudahan bagi mereka yang ingin mempelajari Al Qur'an. Dalam surah Al-Qomar 54 ayat 17. Allah SWT Berfirman, 

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْاٰنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُّدَّكِرٍ

Artinya: “Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Selain itu, ada beberapa cara lagi yang bisa dilakukan agar bisa cepat menghafal Al-Qur'an antara lain harus kuat dan sabar, istiqomah, luruskan niat karena Allah, dan bersihkan hati. Menurut ibu Aslamiah, kalau hati ini ada sesuatu atau penyakit hati, Al-Qur'an tidak mau masuk dalam jiwa. Oleh karenanya dianjurkan memperbanyak  istighfar dan mohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala bentuk penyakit hati, dengan begitu Al-Qur'an bisa mudah untuk dihafalkan. 

Berbicara mengenai menghafal Kitab Suci Allah, tentu ada banyak keutamaannya. Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Sayyidina Ali, bahwa Nabi Saw bersabda:

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَحَفِظَهُ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ وَشَفَّعَهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ كُلُّهُمْ قَدْ اسْتَوْجَبُوا النَّارَ

“Barangsiapa membaca Al-Quran dan menghafalkannya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga serta akan memberi syafaat kepada sepuluh dari keluarganya yang seharusnya masuk neraka.”

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa orang yang menghafalkan Al Qur'an memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bahkan bisa memasukan keluarganya ke dalam surga. 

Kisah ibu Aslamiah ini bisa menjadikan contoh untuk kita semua, bahwa umur bukan halangan bagi mereka yang ingin mempelajari dan menghafalkan al Qur'an. Semoga dengan artikel ini membuat kita bisa semakin semangat dalam mempelajari Al Qur'an dan semakin mencintainya. Aamiin...

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • 11 komentar:

    Unknown mengatakan...

    Luar biasa ibu.... saya sangat tergerak untuk mengikuti jejak ibu walau sudah dibayang2i kesulitan dan kemungkinan gagal. Saya hafal juz ke 30 di umur 60. Alhamdulillah sampai sekaran masih utuh hafalnya karena selalu saya murojaah setiap saat termasuk saat sholat malam. Namun sudah 10 tahun ini mencoba menambah juz 29 yg berisi 11 surah... ternyata nyangkut hanya bisa 8 surat, sedangkan yg 3 lagi masih belum bisa.

    Unknown mengatakan...

    Subhanallah barokalaah laki

    Sudarmin Sastro Utomo mengatakan...

    MasyaAllah luar biasa semoga kita juga bisa seperti beliau

    Unknown mengatakan...

    Masya allah, sangat luar biasa dan sangat menginspirasi saya untuk mengahafal walaupun ada saja kendala² nya nanti, tapi Allah SWT selalu memberikan jalan bagi hambanya yang mau menjalankan perintahnya sesuai dengan kemampuan hambanya masing²

    Pardiansyah mengatakan...

    Masya allah, Subhanalloh sangat luar biasa dan sangat menginspirasi saya untuk mempelajari dan membaca AlQur'an walaupun saya tidak bisa menghafalnya. Semogatapi Allah Subhanahu Wa Ta'ala selalu memberikan jalan bagi hambanya yang mau menjalankan perintahnya sesuai dengan kemampuan hambanya. Aamiin.

    Unknown mengatakan...

    Subhanallah,bagaimana kuncinya

    Unknown mengatakan...

    Subhanallah,laahaulawalaquwataillabilla

    Unknown mengatakan...

    Subhanallah...

    Cintamasjid.blogspod.com mengatakan...

    Semangat kek/nek.

    Unknown mengatakan...

    Semoga Selalu dalam ridho ALLOH SWT

    Unknown mengatakan...

    Subhanallah...