HARI INI

Adab Makan dan Minum dalam Islam

Dibaca .. x
Islam merupakan agama yang sempurna, Islam datang untuk menyempurnakan kehidupan ummat manusia. Segala sesuatunya telah diatur dan dibungkus dengan rapi agar mudah di pahami dan diaplikasikan. Seperti tata cara dan adab dalam mengkonsumsi makanan.

Makan merupakan hal yang tidak dapat terlepas dalam keseharian makhluk yang hidup di muka bumi, akan tetapi antara hewan, tumbuhan dan manusia ada yang membedakan. Dalam Islam tata cara makan sudah diatur dengan detail dan terperinci agar apa yang masuk tidak menjadi mudarat dalam tubuh tapi menjadi manfaat. Dalam artikel ini kami akan menguraikan beberapa adab dan tata cara makan yang penting dilakukan.

1. Berdoa sebelum makan

Islam mengajarkan segala kegiatan yang akan di lakukan harus diawali dengan berdoa, agar apa yang dikerjakan bernilai ibadah. Begitu pula saat hendak makan dan minum, hal tersebut dilakukan demi mendapat keberkahan dan manfaat dari apa yang kita konsumsi. Rasulullah SAW bersabda bahwa makanan yang tidak disebutkan nama Allah adalah jatah setan. "Sesungguhnya setan mendapatkan bagian makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya." (HR. Muslim).

2. Duduk saat makan dan minum

Duduk saat makan dan minum merupakan sebuah adab yang di ajarkan oleh Islam. Nabi Muhammad sendiri tidak pernah mencontohkan makan dan minum sambil berdiri, bahkan anjuran untuk makan dan minum sambil duduk tertuang dalam sebuah Hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda : "Jangan kalian minum sambil berdiri. Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan.” (HR. Muslim). Begitu tegas larangan makan dan minum sambil berdiri, disamping itu mengkonsumsi makanan sambil duduk akan terlihat lebih sopan dan lebih sehat ketimbang makan sambil berdiri.

3. Makan dengan tangan kanan

Makan dengan tangan kanan merupakan salah satu adab selanjutnya saat makan dan minum. Nabi Muhammad sendiri mencontohkan makan dan minum dengan tangan kanan. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim). Tentu kita tidak ingin di samakan dengan setan, maka dari itu utamakan makan dengan tangan kanan selama tidak ada kendala.

4. Pastikan makanannya Halal

Makanan halal merupakan inti terpenting yang harus di utamakan saat memilih makananmakanan. ada beberapa makanan yang di haramkan oleh Islam untuk di konsumsi seperti, daging babi, daging anjing, bangkai, darah, hewan buas, hewan bertaring, hewan yg hidup didua alam, burung yang berkuku tajam, dan makan yang di beli dengan uang haram. Karna apa yang dimakan akan menjadi daging dalam tubuh kita maka dari itu makanan haram juga bisa mempengaruhi sikap prilaku orang yang mengkonsumsi nya. Oleh karenanya makan dan minum lah apa yang di halal bagi kita.

5. Menghabiskan makan

Menghabiskan makanan merupakan wujud syukur terhadap Rizki yang diberikan oleh Allah, usahakan mengambil makanan sesuai dengan porsi yang dapat dihabiskan, agar tidak ada makanan yang tersisa dipiring.

6. Mengucapkan tahmid setelah selesai makan

Mengucapkan tahmid setelah selesai makan merupakan wujud syukur atas nikmat dan rizki yang di berikan oleh Allah SWT kepada kita. Barang siapa yang selalu mensyukuri atas apa yang diberikan kepadanya maka Allah akan menambah nikat tersebut.

Itulah tadi beberapa adab dalam mengkonsumsi makanan, semoga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: