HARI INI

Manfaat Menabung Dalam Islam

Dibaca .. x

Dimasa pandemi sekarang ini  sangat banyak dampak  yang ditimbulkan, bukan hanya virus itu sendiri tetapi juga berpengaruh pada sulitnya mencari mata pencaharian. Dampak yang harus diterima seperti banyaknya karyawan dirumahkan, pedagang kecil banyak gulung tikar dan lain sebagainya. Disinilah pentingnya simpanan harta seperti uang atau emas agar ketika tiba-tiba dirumahkan atau dagangan gulung tikar, tabungan tadi bisa menjadi sangat berguna. 

Alangkah baiknya dalam hal mengatur keuangan kita bisa lebih bijak lagi tanpa memperturutkanan hawa nafsu, berikut kita akan membahas manfaat dalam menabung dalam Islam. 

1. Membantu kebutuhan mendadak

Kadang ada situasi tidak terduga yang membutuhkan pengeluaran lebih besar dari biasanya dan kejadian tersebut tidak ada dalam anggaran sebelumnya. Oleh karenanya sisihkan sebagian pendapatan yang anda peroleh untuk di tabung, dengan begitu jika sewaktu waktu terjadi seusatu yang membutuhkan dana yang besar anda sudah siap dan tidak perlu meminjam untuk menutupi hal tersebut. Nabi Muhammad SAW bersabda "Allah SWT memberi rahmat kepada seseorang yang berusaha dengan baik, membelanjakan secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya.” (HR Bukhari dan Muslim). Dengan menabung maka kita akan siap dengan keadaan yang tidak terduga di masa akan datang. 

2. Menjauhkan dari sifat boros

Menabung dalam Islam bukan untuk menimbun harta, menabung merupakan cerminan sikap amanah atas rizky yang diberikan Allah SWT, dengan menabung maka kita akan terhindar dari sifat boros yang membelanjakan harta karena keinginan bukan karna kebutuhan. Pada hadis yang lain Nabi Muhammad SAW bersabda: "Simpanlah sebahagian daripada harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (HR. Bukhari). 

3. Menabung tidak menghalangi untuk berinfaq dan shodaqoh

Menabung bukanlah penghalang untuk seseorang berinfaq dan shodaqoh, infaq dan shodaqoh merupakan soal keimanan, justru orang yang imannya kuat dia tidak akan melakukan hal yang sia-sia seperti membelanjakan harta pada yang tidak di perlukan, dan akan mengeluarkan infaq dan shodaqoh lebih kuat. 

Itulah beberapa manfaat menabung dalam Islam, Semoga dengan mengetahui manfaatnya menjadikan kita lebih semangat lagi dalam menabung. 

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: