HARI INI

3 Cara Mengisi Waktu Luang Agar Bernilai Ibadah

Dibaca .. x

Waktu luang merupakan waktu senggang setelah segala pekerjaan telah terselesaikan. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengisi waktu luang mereka. Namun sangat di sayangkan apabila waktu luang dibiarkan terlewat sia-sia dengan diisi hal yang tidak berguna. 

Dalam sebuah hadis disebutkan "Ada dua nikmat yang banyak manusia tidak bisa memanfaatkan dengan baik, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. Bukhari). Seperti kita ketahui bersama bahwa Waktu adalah satu hal yang tidak akan pernah bisa terulang, maka dari itu isilah waktu luang kalian dengan hal yang bermanfaat dan bernilai ibadah dihadapan Allah SWT.

Berikut adalah 3 cara memanfaatkan atau menggunakan waktu luang dengan baik sehingga bernilai ibadah dan dapat memberi kebahagian baik lahir maupun batin.

1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan kewajiban ummat Islam, kita sudah dikenalkan Al-Quran sejak masih kanak-kanak oleh orang tua kita.

Namun karena banyaknya kesibukan duniawi sudahkah kita menyempatkan membaca Al-Quran hari ini?

Dari sekian banyak manfaat membaca Al-Quran salah satunya yaitu dapat membuat hati menjadi tenteram, terlebih lagi ganjaran pahala bagi orang yg membacanya.

Hal tersebut juga di jelaskan pada sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Oleh karenanya Jika anda memiliki waktu luang alangkah baiknya di gunakan untuk membaca Al-Quran. Ditambah lagi pada zaman sekarang sudah banyak fitur-fitur aplikasi Al-Quran yang bisa di download di gawai anda sehingga kapan dan dimanapun anda bisa membaca Al-Quran.

2. Berzikir

Hal yang bisa dilakukan selanjutnya untuk mengisi waktu luang yaitu Berzikir. Berzikir merupakan proses mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berzikir hati menjadi tenang dan menghalau rasa cemas karena yakin perlindungan Allah SWT bagi orang yang mengingatnya.

Dari Abu Hurairah a, dari Nabi `, beliau bersabda,“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (H.R. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

Berzikir adalah kegiatan yang mudah dilakukan tapi memiliki manfaat yang besar bagi yang mengerjakannya.

3.Mendengar Tausyiah

Mendengarkan Tausyiah juga bisa menjadi pilihan kalian untuk mengisi waktu luang. dengan mendengar tausyiah maka akan menambah ilmu dan pengetahuan seputar agama. Serta muhasabah diri untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah.

Selain itu juga Sekarang mendengar tausyiah bisa dilakukan tanpa harus tatap muka. Dengan gawai, kalian sudah bisa mendengar tausyiah tanpa mengurangi esensi dan ilmu yang disampaikan oleh penceramah.

Itu tadi beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang agar bernilai ibadah, alangkah baiknya setiap waktu diisi dengan beribadah dan selalu mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: