HARI INI

Bulan Safar Menurut Islam dan Beberapa Peristiwa Penting di Dalamnya

Dibaca .. x

Bulan Safar merupakan salah satu bulan yang ada di dalam kalender hijriah. Di mana, bulan ini merupakan bulan kedua. Ada banyak peristiwa penting yang bisa ditemukan pada bulan ini. Dalam bahasa Arab sendiri, ‘Safar’ artinya kosong. Karena pada zaman dulu, orang Arab pergi berperang pada bulan ini. Sehingga, menyebabkan kekosongan pada kota Mekkah. 

Selain itu, Safar juga berarti ‘siulan angin’. Angin di sini merujuk pada cuaca, di mana pada bulan Safar menjadi bulan paling berangin sepanjang tahunnya. Di tahun ini, bulan Safar jatuh pada tanggal 8 September. Biasanya, kebanyakan orang percaya mitos bahwa bulan ini merupakan bulan kesialan. 

Namun tentunya, dengan berbagai peristiwa penting yang terjadi pada bulan ini, membantah segala mitos yang beredar di masyarakat. Sebenarnya, tidak ada waktu yang sial. Semua waktu tentu saja baik. Bahkan, dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada kesialan pada bulan Safar. Ini berarti bulan Safar menurut islam memiliki banyak keutamaan. 

Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Safar 

Bulan Safar merupakan perjalanan awal islam dengan banyaknya lika-liku. Di bulan ini terdapat banyak peristiwa penting yang harus kamu ketahui. Adapun beberapa peristiwa yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

  1. Nabi Muhammad SAW menikah dengan Khadijah R.A. 
  2. Para tawanan perang Karbala memasuki istana Yazid di Syria
  3. Rasulullah SAW menikahkan putrinya, Sayiddah Fatimah dengan Ali Bin Abi Thalib 
  4. Peristiwa hijrahnya Rasulullah beserta dengan pengikutnya dari Mekkah ke Madinah
  5. Kesyahidan Hasan ibn Abi Thalib (R.A), cucu Rasulullah SAW dan putra dari Ali bin abi Thalib. 
  6. Rasulullah SAW jatuh sakit dan mengutus Usamah bin Zaid kepada pimpinan prajurit Rum sebelum beliau wafat. 
  7. Terjadinya perang Al-Abwa. Perang ini merupakan perang untuk menaklukkan kaum Quraisy, namun ternyata gagal. Perang Al-Abwa merupakan perang pertama umat muslim dan terjadi pada tahun 12 hijriah. 
  8. Tragedi Pengkhianatan (Ar Raji’)

Tragedi ini merupakan tragedi pengkhianatan dari dua kabilah bani al-Qaaroh dan ‘Afdhal. Dinamakan Ar Raji’, karena tempatnya berada di Ar Raji’. 

Beberapa Amalan yang Bisa Ditingkatkan Pada Bulan Safar 

Selain berbagai peristiwa penting, di bulan ini juga banyak keutamaannya. Bahkan, ada beberapa amalan yang bisa ditingkatkan pada bulan ini. Beberapa amalan yang dimaksud adalah sebagai berikut. 

Melaksanakan Puasa Sunnah 

Bulan safar menurut islam sama seperti bulan lainnya. Di mana, kita harus selalu meningkatkan keimanan dan rasa syukur kepada Allah SWT. Di bulan Safar sendiri, kamu bisa melakukan puasa sunnah. Salah satu puasa sunnah yang bisa dikerjakan pada bulan ini adalah Puasa Ayyaumul Bidh. Biasanya, puasa ini dikerjakan 3 hari pada bulan Safar. Di tahun ini, ayyaumul bidh jatuh pada tanggal 20-22 September. 

Memperbanyak Doa dan Dzikir 

Amalan lain yang perlu ditingkatkan pada bulan ini adalah memperbanyak doa. Ada salah satu doa yang dikhususkan untuk bulan Safar. Selain itu, biasakan juga untuk lebih banyak berdzikir, agar hati lebih tenang. 

Itulah beberapa hal mengenai bulan Safar menurut Islam, beberapa peristiwa di dalamnya dan amalan yang dibisa ditingkatkan. Untuk kamu yang masih percaya mitos mengenai bulan ini, bisa ssedikit-sedikit dilupakan. Sebab, semua bulan itu baik dan tidak memiliki kesialan apapun. 

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: