Keistimewaan Hujan dalam Islam

Dibaca .. x

Islam merupakan agama rahmatan lil'alamin, segala sesuatu yang di ciptakan Allah SWT di muka bumi ini tentu memiliki manfaat dan pelajaran. Begitu pula dengan turunnya hujan. Hujan merupakan bukti rahmat dan kasih sayang Allah kepada hambanya. 

Dalam artikel ini kami akan membahas 3 poin penting yang perlu diketahui mengenai keistimewaan hujan dalam Islam dan manfaatnya bagi seluruh makhluk hidup.

1. Sumber kehidupan

Air memiliki peran penting atas keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi ini. Dengan airlah segala tumbuhan bisa hidup, dan air juga merupakan hal utama yang tidak bisa terlepas dari manusia sebab manusia sangat bergantung dengan air untuk munjang kehidupan sehari-hari. 

Dalam Al-quran surah al-Anbiyaa ayat 30 Allah SWT berfirman:  "Kami menghidupkan segala sesuatu menjadi hidup dengan air yang turun dari langit, yaitu menghidupkan hewan, tanaman, dan pepohonan. Air hujan inilah sebab hidupnya segala sesuat"

Oleh karenanya hujan memiliki peran penting atas ketersediaan air dimuka bumi ini. Tak bisa dibayangkan jika air hujan tidak turun sudah barang tentu akan banyak kerugian yang akan dialami. 

2. Hujan sebagai berkah

Hujan merupakan anugrah besar yang diberikan oleh Allah SWT. Kalaupun ketika hujan banyak wilayah yang akhirnya terendam banjir, tapi perlu diketahui bahwa pemicu banjir bukan dari hujannya tapi dari manusia yang merusak alam. Karna seyogyanya hujan merupakan berkah yang bermanfaat bagi manusia. 

Dalam Al-quran surah Qaaf ayat ke-9 Allah SWT berfirman : "Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam." 

Sebagai ummat muslim sebaiknya kejadian alam dijadikan bahan renungan bersama dan diharpakan hujan tidak menjadadi musibah,seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Agar keberkahan dari setiap tetes hujan dapat di rasakan seluruh makhluk hidup. 

3. Doa dikabulkan saat hujan

Ketika hujan turun juga merupakan waktu yang baik untuk berdoa, sebab saat hujan doa yang dipanjatkan akan mudah terkabul.  Rasulullah SAW bersabda terkait hal tersebut: “Dua do’a yang tidak akan ditolak: do’a diantara adzan dan iqamah, dan do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR Al Hakim dan Al Baihaqi) "

Oleh karenanya ummat muslim dianjurkan untuk berdoa ketika turun hujan, untuk meminta keberkahan serta menyampaikan hajat baik yang diharapkan. 

Itu tadi beberapa keistimewaan hujan dalam Islam, semoga bisa bermanfaat dan mari kita menyambut dengan suka cita hujan yang turun. 

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

Tidak ada komentar: