HARI INI

3 Tips Menahan Amarah Dalam Islam

Dibaca .. x

Dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak luput dari berbagai persoalan hidup yang dapat memicu emosi. Emosi yang muncul merupakan hal yang normal terjadi pada setiap manusia. Akan tetapi, bagaimana anda mengekspresikan emosi tersebut adalah merupakan pilihan. 

Ketika sedang emosi anda bisa saja memilih untuk marah, atau memilih untuk mengendalikannya. Islampun telah mengatur bagaimana sebaiknya seorang muslim menyikapi diri jika sedang marah. 

3 Tips Menahan Amarah Dalam Islam

Dalam artikel ini kami sudah merangkum beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika sedang marah, serta manfaat yang diperoleh jika mampu meredam amarah tersebut.

1. Diam

Diam merupakan cara terbaik saat emosi sedang memuncak, karena ketika sedang marah fikiran tidak lagi bisa berfikir dengan jernih, sehingga memungkinkan seseorang untuk bertindak diluar kontrol. 

Islampun mengajarkan ketika sedang marah Ummat muslim dianjurkan untuk diam, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam." (HR Ahmad dan Bukhari).

Dengan diam maka lisan akan lebih terjaga dan perbuatan akan lebih terkontrol. 

2. Memohon Perlindungan Allah

Marah merupakan godaan yang datang dari setan, oleh karenanya Allah SWT memerintahkan hambanya untuk berlindung kepadanya. Hal yang bisa anda lakukan adalah mengucap ta'awudz, ta'awudz merupakan doa memohon perlindungan dari godaan syaitan. 

Dalam QS. Al A'raf ayat 200 Allah SWT berfirman yang artinya: "Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar Maha Mengetahui."

Maka dari itu saat sedang marah jangan lupa selalu mengingat Allah SWT dan memohonlah agar selalu diberi perlindungan. 

3. Bersabar dan menahan diri

Islam mengajarkan Ummat nya untuk bersabar dalam menghadapi segala kondisi termasuk ketika marah, hal tersebut dilakukan semata-mata agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. 

Sabar berkaitan erat dengan kemampuan seseorang dalam menahan diri, dalam hal ini yaitu mampu menahan diri dari kemarahan. 

Dalam sebuah hadis Rasulullah SWA bersabda: "Barangsiapa menahan amarah padahal ia mampu melakukannya, pada hari Kiamat Allah akan memanggilnya di hadapan seluruh makhluk, kemudian Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang ia sukai." (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Itu tadi tiga tips sederhana untuk mengendalikan amarah, semoga kita tergolong orang-orang yang bisa menahan amarah dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: