HARI INI

Allah Membenci Orang yang Sombong

Dibaca .. x

Allah Membenci Orang yang Sombong

Sombong adalah sikap Membangga-banggakan diri sendiri, serta selalu merasa lebih baik dari orang lain.
Sombong merupakan tabiat yang tidak terpuji, bahkan islam sangat melarang sikap tersebut.

Jika kesombongan sudah masuk dalam hati seseorang, maka akan mempengaruhi ucapan dan perbuatannya. Kesombongan bisa menghinggapi siapa saja, dari yang awam sampai yg berilmu, dari yang miskin sampai yang kaya.  

Oleh karenanya kita perlu membentengi diri dengan pemahaman Agama yang baik serta selalu memohon dijauhkan dari sikap sombong.

Allah Membenci Orang yang Sombong

Dalam artikel ini kami sudah merangkum beberapa kerugian bagi orang yang suka menyombongkan diri.

1. Sombong Merupakan Sifat Iblis

Tentu kita sudah sering mendengar kisah mengapa iblis di keluarkan dari Surga dan menjadi penghuni kekal dineraka. Ketika itu Iblis yang diciptakan dari api menolak sujud kepada nabi Adam yang diciptakan dari tanah. Hal tersebut karena Sifat sombong iblis yang merasa lebih tinggi dan lebih mulia dari Nabi Adam.

Dalam Q.S. al- Baqarah ayat 34 Allah berfirman :“Kesombongan iblis tersebut adalah dosa yang pertama dan dosa pertama yang dilaknat oleh Allah Swt,”

Sifat sombong merupakan cerminan dari sifat iblis, tentu kita tidak mau disamakan dengan iblis. Oleh karenanya bersegeralah berta'awuz ketika masih ada sikap sombong dalam diri walau sekecil atom.

2. Orang Sombong Tempat Kembalinya Neraka.

Apa yang patut di sombongkan oleh manusia dimuka bumi ini? Harta, rupa, jabatan, keluarga dan ilmu yang menjadikan diri sombong hanyalah titipan, kapan saja Allah SWT ingin mengambilnya maka hilanglah segalanya. Lantas merugilah bagi mereka yang sombong, bagaimana tidak, segala yang disombong kan hanya sampai di dunia ini saja, sedang dosanya dibawa hingga akhirat.

Rasulullah SAW bersabda: ”Para penghuni neraka adalah orang-orang yang keras kepala, kasar lagi sombong.” (H.R Bukhari dan Muslim).

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa Allah sangat mengecam orang-orang yang sombong, bahkan balasan yang akan diterima adalah neraka.  Na'uzubillahiminzalik

3. Allah Mengunci Hati Orang-orang yang Sombong

Orang Sombong akan semakin tenggelam dalam kesombongan dan kesesatannya atas apa yang mereka sombongkan, karena Allah SWT telah menutup pintu hatinya sehingga tidak mampu menerima kebenaran.

Allah berfirman dalam Q.S Al-Mukmin ayat 35 “…….Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang.”

Jangan sampai dunia dan isinya ini menjadikan kita orang yang sombong, sadarilah bahwa kita tidak memiliki kuasa apapun atas diri kita sendiri, segalanya hanya titipan dan kapanpun bisa saja diambil kembali.

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

Tidak ada komentar: