HARI INI

3 Arti Datangnya Musibah

Dibaca .. x

3 Arti Datangnya Musibah 

Musibah merupakan segala sesuatu yang dapat membuat seseorang tidak nyaman, keadaan dimana hal yang terjadi tidak sesuai keinginan dan tidak bisa dikendalikan.

Kadang musibah datang tanpa diduga dan tanpa aba-aba, beragam ekspresi yang ditunjukan oleh orang yang tertimpa musibah ada yang tidak terima, juga ada yang ikhlas dan sabar dalam menghadapinya.

Kadang kita banyak yang salah memahami musibah yang sedang menimpa kita, dan sulit membedakan apakah musibah yang datang adalah ujian penggur dosa atau sebagai balasan atas dosa yang sudah di perbuat.

3 Arti Datangnya Musibah

Pasti kita sering mendengar seseorang yang sedang tertimpa musibah mengatakan bahwa yang sedang menimpanya adalah ujian, tapi tahukah anda bahwa musibah yang datang ternyata tidak melulu ujian, dalam artikel ini kami akan membahas apa saja arti dari datangnya ujian

1. Penghapus Dosa

Musibah bisa jadi sebagai penghapus dosa, seperti ketika seseorang ditimpa suatu penyakit jika orang itu sabar maka penyakit yang dialaminya bisa menjadi penawar atas dosa yang pernah diperbuatnya. Rasulullah SAW bersabda, “Bahkan jika duri menusuk salah satu dari anda, itu akan menebus sebagian dari dosa anda,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Diantara kita juga pasti sering mendengar bagaimana musibah yang dialami nabi Ayyub, ketika itu beliau juga mengalami penyakit yang tak kunjung sembuh hingga bertahun-tahun, karena kesabaran beliau maka Allah menghapus dosanya bahkan menggantinya dengan nikmat yang besar.

3 Arti Datangnya Musibah 

Setiap musibah bisa jadi ladang pahala bagi Ummat muslim apabila mampu bersabar dalam menghadapinya. Hal yang sering dilupakan seseorang ketika tertimpa musibah yaitu ikhlas dan berdoa atas segala yang menimpanya agar menjadi kebaikan dan ladang pahala untuknya. 

Dari Abu Amamah RA, “Nabi Muhammad SAW bersabda, "Allah SWT berfirman: Hai anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhoi bagimu sebuah pahala kecuali surga." (HR Ibnu Majah).

3. Hukuman dari Perbuatan Dosa

Setiap perbuatan yang kita kerjakan didunia ini pasti akan dibalas oleh Allah SWT, baik dibalas di dunia atau dia akhirat kelak. Musibah yang datang juga bisa jadi sebagai hukuman yang disegerakan Allah SWT atas dosa yang kita perbuat.
Allah berfirman dalam surat Asy-Syura ayat 30
"Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu)".

Ketika hukuman di segerakan melalui musibah, bukan berati Allah SWT membenci hambanya, namun sebagai tanda kasih sayang Allah SWT kepadanya. Karena balasan di dunia akan lebih baik dari pada balasan di akhirat kelak.

Itu tadi tiga arti tanda datangnya musibah, semoga dengan mengetahuinya kita lebih banyak muhasabah diri atas segala yang kita kerjakan. Jangan sampai musibah yang datang adalah karena perbuatan tangan kita sendiri, dan sebaik-baik balasan yaitu balasan didunia ini.

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: