HARI INI

Keutamaan bangun di waktu subuh

Dibaca .. x

Bangun di waktu subuh merupakan awal yang baik untuk memulai hari, sebab bangun pada waktu tersebut dapat meningkatkan produktivitas, serta mempengaruhi kondisi fikiran seseorang seharian penuh.

Namun bangun subuh masih menjadi hal yang susah dikerjakan bagi sebagian orang, apalagi bangun sebelum subuh. Bahkan Masih banyak di antara kita yang tidur kembali setelah menunaikan shalat subuh.

Dalam islam, Hal tersebut merupakan kebiasaan yang kurang baik. Sebab banyak kerugian yang  diperoleh seperti melewatkan keberkahan yang diturunkan Allah SWT di waktu subuh, dalam sebuah Hadis Rasulullah SAW bersabda “Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka,” (HR Ath Thabrani dalan Al Ausath).

Dalam artikel ini kami sudah merangkum beberapa keutamaan bangun di waktu subuh.

Keutamaa bangun di waktu subuh

1. Mempermudan Datangnya Rezeki

Waktu subuh merupakan kesempatan yang baik untuk memohon rezeki, sebab pada waktu inilah Terdapat barokah dan keberuntungan. Banyak amalan-amalan pelancar rezeki yang bisa Anda lakukan seperti sholat sebelum subuh, bersedekah, menunaikan sholat berjamaah, berzikir dan masih banyak amalan yang bisa dilakukan saat waktu subuh. Tentu waktu ini berbeda dengan waktu lain yang hanya pada waktu tersebut amalan yang sudah disebutkan tadi bekerja.

Rasulullah SAW pernah berkata kepada anak beliau Fatimah, beliau bersabda ”Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, Karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari. ” (H.R. Imam Ahmad Dan Al-Baihaqi)

Oleh karenanya sangat di sayangkan orang yang melewatkan waktu subuh.

2. Motivasi lebih tinggi dan hidup lebih terarah

Bangun di waktu subuh membuat orang lebih bersemangat, karena pada waktu itu udara masih segar. Dengan menghirup udara segar di pagi hari bisa membangun mood baik dan memberikan energi untuk beraktivitas.

Bangun di waktu subuh juga membuat seseorang lebih produktif, hal ini karena orang yang bangun lebih awal memiliki waktu yang hening dan baik digunakan berkonsentrasi untuk menyiapkan pekerjaan.

Bahkan para sahabat yang sukses juga memiliki kebiasan bangun di waktu subuh.

3. Didoakan malaikat

Pada waktu subuh para malaikat berkumpul untuk mendoakan orang-orang yang melakukan kebaikan pada waktu itu. Oleh karena itu angkah baiknya jika tidak tidur pada waktu subuh ataupun selesai sholat subuh, Dan perbanyak melakukan kebaikan seperti bersedekah dan berzikir.

Rasulullah SAW bersabda "Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil." (HR. Bukhari dan Muslin, dari Abu Hurairah).

Itu tadi beberapa dari banyaknya manfaat bangun di waktu subuh, semoga bermanfaat.



Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: