HARI INI

Perbedaan Kalender Tahun Hijriah dan Tahun Masehi

Dibaca .. x

 Perbedaan Kalender Tahun Hijriah dan Tahun Masehi

Keberadaan kalender memungkinkan kita untuk mengetahui tanggal beserta peristiwa bersejarah yang ada dibaliknya. Kalender juga bermacam-macam jenisnya, salah satu yang paling dikenal ialah kalender tahun hijriah dan tahun masehi. Pengguna kalender hijriah mayoritas ialah orang beragama Islam. Kalender hijriah dijadikan pedoman oleh umat islam untuk melakukan kegiatan agama.

Berikut akan kami jabarkan lebih jauh beberapa perbedaan dari kedua kalender ini:

1. Jumlah Hari

Kalender masehi memiliki jumlah hari sebanyak 31 dalam sebulan, sedangkan kalender hijriah hanya memiliki 29 sampai 30 hari.

2. Perhitungan Tanggal

Perhitungan tanggal kalender hijriah mengacu pada pergerakan bulan, sedangkan kalender masehi berpedoman pada pergerakan matahari.

3. Bentuk Angka Tanggal

Mengingat kalender hijriah erat kaitannya dengan agama Islam, maka penanggalan kalender hijriah menggunaan ejaan Arab. Sedangkan kalender masehi menggunakan alfabet.

4. Sejarah Penanggalan

Tanggal 1 pada kalender masehi ialah hari kelahiran Nabi Isa AS, sedangkan tanggal 1 pada kalender hijriah merupakan hari saat Nabi Muhamad SAW melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah.

Itulah beberapa dari banyak perbedaan lain kalender tahun Masehi dan tahun Hijriah. Keduanya masih digunakan hingga saat ini, namun kalender masehi masih yang lebih umum digunakan mengingat bentuk angka tanggal menggunakan alfabet sehingga lebih mudah dipahami.

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: