HARI INI

Adab Mengunjungi Orang Sakit

Dibaca .. x

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal, bagaimana tidak, banyak orang yang menghabiskan uangnya untuk berobat sebagai upaya ikhtiar agar dapat sembuh.

Lebih dari itu ada orang yang memiliki segalanya tapi segalanya tidak bisa dinikmatinya karena sedang diuji dengan sakit. Oleh karenanya kesehatan merupakan hal yang perlu dijaga sebagai bentuk syukur kepada sang Pencipta. 

Mungkin disekitar kita ada orang yang sekarang sedang diuji dengan rasa sakit, baik keluarga, tetangga atau rekan kerja. Sebagai seorang muslim, kita diajarkan untuk saling menjenguk orang yang sakit, sebagai bentuk dukungan dan kepedulian kita terhadapnya. Dengan harapan orang yang dijenguk akan merasa senang dan menghapus kesedihannya. 

Dalam Islam dianjurkan untuk menjenguk orang yang sedang sakit, dalam sebuah hadis disebutkan keutamaan jika menjenguk orang sakit, Rasulullah SAW bersabda, 

Keutamaan Mengunjungi Orang Sakit 

 مَنْ أَتَى أَخَاهُ الْمُسْلِمَ عَائِدًا مَشَى فِي خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ 

Rasulullah ﷺ bersabda, "Jika seseorang berkunjung kepada saudaranya yang muslim (yang sedang menderita sakit), maka seakan-akan dia berjalan-jalan di surga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Jika dia berkunjung di pagi hari maka 70 ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga sore hari. Jika dia berkunjung di sore hari, maka 70 ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi hari." (HR. Ibnu Majah no. 1442) 

Tapi tahukah anda bahwa menjenguk orang sakit pun ada adabnya, berikut kami rangkum adab saat menjenguk orang yang sedang sakit. 

Adab Menjenguk Orang Sakit

Memperhatikan Waktu Kunjungan dan Lama Berkunjung

Walaupun kita dianjurkan untuk menjenguk orang yang sakit, tapi alangkah baiknya untuk tetap memperhatikan waktubsaat ingin berkunjung, usahakan berkunjung diwaktu yang tepat, hindari waktu istirahat, waktu sibuk atau waktu yang digunakan untuk berobat. 

Lama kunjungan juga harus menjadi perhatian, jangan sampai karena kehadiran kita malah mengganggu orang yang sakit, atau ketika orang sakit tadi ingin istirahat tapi tidak enak meminta kita pulang. Maka dari itu diharapkan untuk bisa melihat situasi dan kondisi. namun hal tersebut tidak berlaku jika orang sakit tadilah yang meminta kita agar tinggal lebih lama untuk menjaganya atau karena kehadiran kita membuatnya kegimbara. 

Tidak Mengajak Ngobrol Terlalu Lama

Adab selanjutnya ketika menjenguk orang yang sedang sakit adalah tidak mengajak untuk mengobrol terlalu lama, atau bertanya sesuatu yang memicu orang yang sakit tadi untuk menjelaskan panjang lebar.  Karena orang yang sedang sakit tenaganya menurun dan butuh istirahat yang cukup. 

Oleh karena itu sebaiknya kita sebagai penjenguk bisa memahami keadaannya dan dengan kehadiran kita diharapkan bisa membuatnya kembali bersemangat menjalani hidup dengan memberi kata-kata motivasi, dalam sebuah hadis ada ucapan yang bisa disampaikan kepada orang yang sakit tersebut, yaitu: 

 لاَ بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ 

Jangan khawatir, (sakit-mu) ini akan membersihkanmu (dari dosa) insya Allah. (HR. Bukhari no. 5656) 

Membawa Buah Tangan

Ketika berkunjung ketempat orang yang sedang sakit alangkah baiknya tidak datang dengan tangan kosong, bawalah buah tangan, Tidak perlu mahal sesuaikan dengan kemampuan dan keikhlasan hati anda. Serta perhatikan buah tangan yang kita bawa, misalkan yang dibawa kue maka usahakan kue tersebut merupakan makanan yang bukan pantangan untuk dimakan orang yang sakit tadi. 

Catatan: Jika orang yang sakit tadi tidak berselera untuk memakan makanan yang kita bawa, maka jangan memaksanya. 

Lebih dari pada itu ada hal yang lebih penting dari membawakan buah tangan, yaitu doa. Mendoakan orang yang sakit merupakan kewajiban dan akhlak baik seorang muslim. Disamping itu dengan doa yang kita panjatkan diharapkan Allah SWT mengangkat penyakit orang yang sakit tadi. 


Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: