HARI INI

Kisah Penyanyi yang Menjadi Penghapal Quran Terkenal

Dibaca .. x
Di artikel ini kami akan membahas mengenai seorang qori internasional yang memiliki suara merdu dan indah. Tentu kita sudah tidak asing dengan beliau yaitu Mishary Rashid Al-Afasy, atau lebih dikenal dengan sebutan Al-Afasy.

Dilahirkan di Kuwait pada 5 September tahun 1976, Beliau pernah berkuliah di sekolah Islam Madinah.  

Sebelum menjadi qori seperti sekarang ini, siapa sangka Al-Afasy dulunya adalah seorang penyanyi. Namun hidayah datang ketika Al-Afasy bertemu dengan sahabatnya, kemudian sahabatnya tersebut mengatakan, "Engkau ini bagaimana, saya yang dititipkan suara tidak sebagus engkau, masih bertanya pada diri saya bagaimana nanti Allah menghisab suara saya, karena itu saya gunakan untuk baca Qur'an, engkau yang dititipkan suara yang bagus kenapa tidak digunakan untuk baca Qur'an, dan memberikan hidayah pada orang lain dengan izin Allah, anda akan ditanya." 

Setelah mendengar kata-kata dari sahabatnya itu Al-Afasy seketika jatuh tersungkur dan menangis. Beliau bermuhasabah diri atas segala tindakan yang dilakukannya selama ini, lalu setelah kejadian itu, beliau berjanji untuk mewakafkan suaranya dalam kebaikan, dan digunakan untuk menghafal Al-Qur'an. 

Karena niat dan tekad yang sungguh-sungguh Allah SWT memberikan kemudahan beliau untuk menghafal Alquran. Dan beliau bisa menghafal seluruh isi Quran sebanyak 30 juz selama 2 tahun. Tepatnya pada tahun 1992 sampai dengan tahun 1994.

Kemudian dari  yang awalnya hanya terkenal sebagai penyanyi lokal di Kuwait setelah menghafal Alquran maka seluruh dunia khususnya umat Islam mengenal beliau dari suara beliau yang merdu saat membacakan Al-Qur'an. Irama yang sering beliau gunakan yaitu Nahawand, Bayyati, Hijaz, Ros dan lainnya.

Selain hafiz, Beliau juga memiliki nasyid yang berjudul Rahman yang beliau nyanyikan Bersama Khutmat Kadyrof yang merupakan seorang putri dari Presiden Federal Rusia pada tahun 2007 yaitu Ramzan Kadyrof. 

Banyak penghargaan yang sudah di dapat oleh Al-afasy. Pada 25 Oktober 2008, Al-Afasy menerima penghargaan Arab Creativity Oscar yang disponsori oleh Sekjen Liga Arab, Amir Musa, atas jasa-jasanya dalam mendakwahkan ajaran Islam yang damai dan santun dengan memanfaatkan berbagai media.

Bagi Anda yang ingin mendengar lantunan bacaan Al-Quran Al-Afasy, beliau memiliki 2 Saluran Ruang khusus dalam pembacaan Al-Qur'an, yang pertama adalah Al-Afasy TV dan yang kedua adalah Al-Afasy Q.

Allah menjanjikan surga dan kemuliaan bagi mereka yang menghafalkan Alquran. Oleh karena itu menumbuhkan semangat untuk membaca Al-Qur'an itu penting khususnya untuk diri sendiri, juga mengajar anak-anak kita sejak dini untuk mencintai Al-Quran. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda. “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”. (HR. Al Hakim). 

Berdasarkan hadits di atas, menghafal Alquran bukan hanya memasukkan diri sang penghafal ke dalam surga tetapi juga mengajak orang tuanya untuk masuk ke dalam surga. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta meningkatkan keimanan kita. Aamiin.
Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: