HARI INI

Doa dan Amalan Ketika Bermimpi Buruk

Dibaca .. x

Setiap orang pasti pernah bermimpi saat sedang tidur, mimpi adalah sesuatu yang di luar kendali orang yang sedang bermimpi. Dikutip dari wikipedia, mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, dan mustahil terjadi di kehidupan nyata.

Mimpi dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu mimpi yang menyenangkan, mimpi buruk, dan yang berasal dari pikiran kemudian menjadi mimpi saat terlelap. Diantara ketiga jenis mimpi tersebut, mimpi yang datangnya dari setan adalah  mimpi buruk.

Hal tersebut pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW, beliau berkata :

"Ada tiga jenis mimpi: mimpi yang benar yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi yang menyebabkan kesedihan adalah dari setan, dan mimpi dari pikiran. (Sahih Muslim ).

 Pernyataan yang mengatakan bahwa mimpi buruk berasal dari setan, diperkuat dalam hadis lain yang berbunyi:

 “Mimpi buruk berasal dari setan, maka jika salah seorang diantara kalian bermimpi buruk, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah karenanya.” (HR. Al Bukhari).

Diantara mimpi yang pernah  dialami tentu ada beberapa mimpi yang tidak menyenangkan atau mimpi buruk berikut kami sudah merangkum hal apa saja yang bisa dilakukan ketika sedang mengalami mimpi buruk.

Doa dan Amalan Ketika Bermimpi Buruk

Karena mimpi adalah sesuatu yang di luar kendali orang yang bermimpi, oleh karenanya siapapun bisa saja mengalami mimpi yang buruk hingga membuat takut dan sedih. Akan tetapi sebagai seorang muslim ada beberapa adab dan langkah yang bisa dilakukan jika sedang mengalami mimpi buruk.

Berikut beberapa yang dapat dilakukan ketika mengalami mimpi buruk:

Doa

Rasulullah SAW mengajarkan kepada seseorang yang sedang bermimpi buruk untuk segera berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT agar di hindarkan dari perasaan cemas dan sedih. Ada dua doa yang perlu diketahui dan diamalkan jika terjadi hal tersebut.

Doa Jika Bermimpi Buruk

 هُوَ اللّٰهُ اَللّٰهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللّٰهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّعِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemurkaan-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.

Doa Jika Bermimpi Buruk dan Meminta Perlindungan 

 أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَنْ يَحْضُرُونِ

Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, siksaan-Nya, dan dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan, dan dari godaan setan, serta jangan sampai setan mendatangiku (pada saat kematianku).

 Amalan yang diajarkan Rasulullah

Selain membaca doa yang sudah disebutkan sebelumnya, amalan selanjutnya yang bisa dikerjakan Apabila seseorang mengalami mimpi buruk adalah segera meniup atau meludah ke sebelah kiri kemudian membaca ta'awudz, hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

“Mimpi yang baik itu dari Allah. Sedangkan mimpi yang buruk itu dari setan. Jika salah seorang dari kalian bermimpi yang tidak ia sukai, maka hendaknya ia meniup ke sebelah kirinya tiga kali dan membaca ta’awwudz sebanyak tiga kali. Kemudian setelah itu hendaknya ia membalik tubuhnya ke sisi yang lain, dengan demikian tidak ada lagi yang membahayakan dan jangan ceritakan kepada seorang pun mimpi tersebut.”

Seperti yang dijelaskan pada hadis di atas, setelah meniup dan membaca Ta'awudz maka segeralah balikkan badan ke sisi yang lain dan bisa melanjutkan untuk tidur.

Jangan Menceritakan Mimpi Buruk

Alangkah lebih baiknya mimpi buruk tidak diceritakan kepada orang lain, karena ditakutkan mimpi buruk yang diceritakan akan menjadi kenyataan. Hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

 “Mimpi itu berada di kaki burung (mengambang) selama tidak di ta’birkan/ditafsirkan, jika dita’birkan bisa jadi mimpi itu akan terjadi.”

Pernyataan tersebut juga diperkuat dalam hadis lain yang berbunyi:

“Apabila setan mempermainkan salah seorang dari kalian di dalam tidurnya, maka janganlah ia menceritakannya kepada orang lain.” (HR Muslim)

Oleh sebab itu orang yang mengalami mimpi yang tidak menyenangkan atau mimpi buruk sebaiknya bisa menahan diri untuk tidak menceritakannya kepada orang lain tapi memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Demikian beberapa doa dan amalan yang bisa dilakukan ketika mengalami mimpi buruk. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • Tidak ada komentar: