HARI INI

Membentengi Diri dari Penyakit Ain'

Dibaca .. x

Tidak semua yang ada dimuka bumi ini bisa dilogikakan, ada beberapa hal yang di luar nalar manusia namun benar adanya. Seperti sesuatu yang ghaib dan tidak mampu dijelaskan secara ilmiah. Salah satunya adalah penyakit Ain' yang akan kita bahas dalam artikel ini. 

Menurut KBBI Ain' memiliki arti mata, dalam Islam Ain' dipercaya sebagai penyakit yang disebabkan oleh pandangan mata dan mampu mengganggu kehidupan. Efeknya menimbulkan penyakit bagi manusia dan dapat merusak benda. 

Rasulullah SAW bersabda:

‘Ain itu nyata, dan jikalau ada sesuatu yang dapat mendahului ketetapan Allah, maka itu adalah ‘ain (HR. Muslim no. 2188).

Pandangan yang dimaksud bukan hanya pandangan iri dan dengki tapi juga pandangan kagum seseorang dapat membawa dampak negatif. 

Oleh karena itu sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara membentengi diri dari penyakit Ain'. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sesuai anjuran Rasulullah SAW. 

Membentengi Diri dari Penyakit Ain'

Langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit Ain' :

Membaca Surah Al-Falaq dan An-Naas

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu membaca mu’awwidzatain (dua surat pelindung), yaitu Al-Falaq dan An-Naas. Hal tersebut sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW yang juga kerap membaca dua surah tersebut untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT. 

Diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri ra. Rasulullah SAW memohon perlindungan dengan membaca keduanya (Al-Falaq dan An-Naas) dan meninggalkan yang lain (HR. Tirmidzi no. 2198; Imam Tirmidzi menilai hadis ini hasan).

Dua surah ini merupakan surah yang cukup pendek dan tentu kita semua hafalkan. Oleh karena itu ada baiknya untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah dengan melafalkan dua surah tersebut di berbagai kesempatan. 

Doa Nabi Ibrahim

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membaca doa Nabi Ibrahim. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari godaan setan, racun dan pandangan iri seseorang. 

Dalam hadis yang diriwayatkan imam Bukhari menyebutkan bahwa Rasullulah pernah membacakan doa ini untuk kedua cucu beliau, yaitu Hasan ra. dan Husein ra. Lafaznya adalah sebagai berikut:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Artinya :

Aku berlindung dengan kalimat Allah yang Maha Sempurna dari setiap setan dan racun, dan dari setiap mata yang iri. 

Memohon Keberkahan

Penyakit ain' bukan hanya bisa disebabkan oleh pandangan iri dan dengki saja, namun pandangan kagum seseorang atas orang lain pun bisa menyebabkan penyakit ain'. Oleh karena itu dianjurkan untuk kita agar selalu memohon keberkahan terhadap orang lain yang kita lihat. Sehingga pandangan tersebut tidak berdampak negatif bagi orang tersebut. 

Imam Ahmad bin Hanbal meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan agar seseorang mendoakan keberkahan untuk saudaranya jika melihat kebaikan pada saudaranya itu (HR. Ahmad no. 15144).

Dari hadis di atas bisa disimpulkan bahwa setiap yang membuat takjub dan kagum ada baiknya untuk tidak memujinya secara berlebihan, serta memohon keberkahan atas apa yang dilihat agar tidak menimbulkan penyakit ain'. 

Itu tadi beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai bentuk ikhtiar agar terhindar dari penyakit Ain', semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan seputar penyakit Ain'. Aaminn

Tebarkan kebaikan dengan membagi artikel ini lewat [WHATSAPP] atau lewat [FACEBOOK]

  • 3 komentar:

    Unknown mengatakan...

    Setiap penyakit ada obatnya kecuali/barangkali qolbu..

    Pembangunan mesjid mengatakan...

    Seperti apakah ciri ciri orang yang terkena penyakit ain

    Unknown mengatakan...

    Semoga kalender hijrah bermanfaat untuk diri saya dan keluarga ku